Ikan-Wader-Urang & koncone ning Kali Mbaduk

|

Ikan wader tergolong jenis ikan yang hidup di sungai. Ikan jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di Pasar Ikan Mbaduk di Desa Malangsari, Tanjunganom tepatnya berada tepat di tepi Kali Mbaduk. Untuk ikan yang digoreng seperti wader, kutuk, udang dan lele, ia menyajikannya bersama lalapan. Sayuran yang dipakai biasanya adalah kubis dan sedikit kemangi serta beberapa potong irisan mentimun yang disajikan di atas cobek (layah). Satu lagi yang tak mungkin ditinggalkan adalah sambal terasi.

Untuk sambalnya, Anda pun bisa memesan sesuai selera. Bisa yang mentah atau jenis sambal matang. Mau yang pedas, sedang atau bahkan sangat pedas sekalipun, Mbak Suyati akan memenuhi. Dengan sepiring nasi putih dan wijikan dalam mangkok, menu ikan goreng mejadi terasa lebih komplit. Hmm, melihatnya saja, sudah mampu menggugah selera makan ini. Menu ikan segar ini pas sekali disantap pada waktu makan siang. Apalagi bersama kawan-kawan sejawat. Atau dengan kekasih tercinta sambil menikmati pemandangan Kali Mbaduk dengan terpaan anginnya yang bertiup semilir menerpa wajah.

Gemuruh air Kali Mbaduk yang keluar dari pintu air, seakan menjadi penyegar mata yang menyejukkan. Siang hari yang terik seperti berlalu cepat bagaikan angin. Panas pun jadi tak terasa. Ditambah dengan segarnya es kelapa muda alias es degan yang sangat dinantikan. Harga menu ikan segar di sana sama dan seragam. Untuk satu porsi wader atau lele goreng plus nasi putih Anda hanya cukup mengeluarkan Rp. 5.000 ,-. Sedang untuk ikan belut hanya Rp. 6.000,-. Dan ikan kuthuk seharga Rp. 8.000,-. Yang paling mahal tentunya adalah udang goreng. Satu porsi udang goreng ini seharga Rp. 10.000,-. Karenanya bothok wader dan lele pun menjadi yang paling murah, yakni hanya Rp. 2.000,-. Untuk bothok ikan kuthuk dan belut tergantung besar kecilnya ikan. Semakin besar ukurannya, tentu akan lebih mahal. Tapi Anda tak perlu khawatir. Yang paling mahal sekalipun, masih terhitung murah. Sementara es kelapa muda cukup hanya dengan Rp. 1.500,- saja.

Pondok Ikan Segar Mbaduk ini sudah sangat terkenal dimana-mana. Letaknya yang berada di jalan tembus Pace – Tanjunganom menjadi akses satu-satunya. Tak heran, banyak sopir truk atau mobil kanvas yang sering singgah ke tempat ini. Atau mereka yang hendak pergi ke Tanjanganom atau Nganjuk bisa dipastikan akan mampir untuk makan siang.

0 komentar:

Golek sing puenak meneh