Tumpeng 17 Agustusan ala Bu Marlan

|


Kian Cantik dengan Buceng Merah Putih
Di hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus ada kuliner yang satu ini selalu menjadi menu wajib, Tumpeng selalu menjadi masakan utama di di malam syukuran. Begitu pula saat malam syukuran peringatan proklamasi kemerdekaan republik ini. Seperti halnya yang biasa dilakukan Tumiharti. Wanita yang membuka usaha depot di Jl. Abdul Rahman Saleh Nganjuk ini, tampak cekatan menata sayur lombok, mie goreng, irisan telur rebus , urap-urap, timun, dan sambal goreng ati melingkari gunungan tumpeng. Tak lupa tahu dan ayam yang telah diberi bumbu rujak yang telah dipotong-potong.

Kekhasan tumpeng agustusan buatan Bu Tum ini sangat tampak dan mudah dikenali. Masing-masing jenis uba rampenya, diletakkan di pincuk dari kertas pembungkus makanan. Kerapian dan kebersihan masakan Bu Tum jadi prioritas utama. Karena untuk acara agustusan, tak lupa Bu Tum memberi ciri khusus pada tumpengnya. Yaitu, puncak tumpeng di beri tutup kerucut dari kertas dengan warna merah putih. Sebelumnya, ujung tumpeng di beri tutup dari daun pisang ukuran kecil berbentuk kerucut.
Kekhasan Bu Tum dalam merias wajah tumpeng masih berlanjut. Tumpeng biasanya langsung diserbu begitu selesai didoakan (diujubkan) oleh tokoh agama. Karenanya, Bu Tum menyediakan entong (sendok nasi) untuk membagi rata tumpeng.

Dibantu lima keponakannya, Bu Tum sendiri kadang-kadang menambahkan ikan bandeng goreng pada tumpeng sebagai variasi menu bila diperlukan. Makin menggoda selera. Plus dus berukuran sedang untuk wadah nasi tumpeng yang telah dibagi rata.

Yang menjadi ciri khas tumpeng buatan Bu Ramelan tak hanya itu saja. Model hiasannya pun tampak cantik. Hiasan (garnish) dari mentimun yang sudah diiris bagian tepinya jadi tampak lebih sedap dipandang. Irisan cabe merah menancap di tengahnya jadi pemanis suasana. Begitu juga kulit tomat yang tampak merah menyegarkan ditata rapi secara merata.
Apalagi ingkung ayam bakar bumbu rujak tampak begitu mengundang selera makan. Kata orang, dari mencium baunya saja sudah terasa lapar.
Dengan dua kilo nasi putih, tumpeng Bu Ramelan tampak tinggi menjulang. Saat diangkat pun terasa lumayan berat. Rata-rata tumpeng Bu Ramelan ini bisa untuk 10 porsi
.

0 komentar:

Golek sing puenak meneh