Sate Kenul & Sayur Usik Khas Jatikalen

|

Kecamatan Jatikalen memiliki makanan khas sate yang oleh masyarakat lebih kerap menyebutnya dengan “ Sate Kenul ”, bentuknya yang unik pasti akan membuat Anda yang belum pernah mencoba, tentu jadi penasaran, bukan ? salah satu kedai mbak Parni (34) tak jauh dari jalan raya Jatikalen, tepatnya di sebelah timur Kantor Desa Lumpangkuwik menyediakan sate kenul yang biasanya dilengkapi dengan sayur usik.
Sate kenul ala Mbak Parni ini memang cukup populer. Semuanya ia buat sendiri. Dan malah menjadi menu khas yang menjadi menu favorit di kedainya. Sebenarnya sate kenul ini terbuat dari bahan daging kambing. Namun pada perkembangannya, juga ada yang dibuat dengan bahan daging sapi.

Mbak Parni menyediakan kedua jenis sate kenul dari daging kambing dan sapi karena permintaan pelanggan warungnya. “ Sebagian pelanggan ada yang berpantangan makan daging kambing karena takut kena penyakit darah tinggi, “ ucapnya. Rasa sate kenul ini sangat istimewa yaitu rasa pedas dan manis begitu terasa saat digigit. Sebenarnya tak sulit membuat sate kenul ini daging kambing muda dipotong ukuran satu centimeter atau lebih besar sesuai selera atau pesanan. Selanjutnya daging tersebut ditusuk dengan Tusuk sate dari bambu yang telah disiapkan.

Baru langkah berikutnya kita menyiapkan bumbu sebagai penyedap (cabe, gula, garam dan kelapa muda yang telah diparut). Bahan bumbu tersebut lalu dikepel-kepel agar semua bahan menyatu antara daging dan kelapa. Setelah itu sate kenul digoreng dengan minyak goreng hingga mengeluarkan aroma khas sate kenul. Setelah berwarna kekuning-kuningan matang , sate jenul diangkat dan tiriskan.Tapi tunggu dulu. Sate kenul akan lebih asyik dan nikmat bila disantap dengan sayur usik. Ya, masakan berkuah ini juga menjadi menu pelengkap sate kenul. Rasa khas dari masakan ini adalah rasanya yang asam dan pedas. Sayur usik ini dibuat dari campuran potongan kecil-kecil daging kambing dan dicampur balungan sapi (tulang sapi) lalu diberi bumbu-bumbu tertentu agar tampak bening kekuning-kuningan. Tapi bila Anda, ingin rasa manis, sayur usik bisa dikombinasikan dengan kecap.

Untuk satu porsinya, lezatnya sate kenul dengan sayur plus es teh bisa Anda nikmati dengan merogoh kocek Rp. 4.500,-. Tapi bila Anda ingin menambah 10 tusuk sate kenul, cukup membayar dengan Rp. 8000,-.. Murah bukan ?.. Nah, Anda tentu ingin segera merasakan kelezatan makanan khas Jatikalen ? Segera saja ke warung Mbak Parni di Desa Lumpangkuwik, Jatikalen dan rasakan kelezatan tiada tara sate kenul plus sayur usik.

7 komentar:

LendraAndrian mengatakan...

wah sate kenul memang jossh , saya kalo pulang ke jatikalen mesti ketagihan ama sate kenul ini, salam kenal,
http://lendraandrian.com

Kuliner Nganjuk sing puenak mengatakan...

Matur suwun Mas Lendrian,

ternyata pakar blogger juga ya, sukses

setya garis mengatakan...

saya dah mncoba, lumayan..., tp saya penasaran, knpa namanya sate kenul, mgkn da sejarahe...

Eko Susanto mengatakan...

Wah jadi kangen ..pengen pulang kampung

Unknown mengatakan...

Enak mas tapi aku gak tedas ..

Unknown mengatakan...

kunjungi blogQ yo rek, aq wong Nganjuk pisan... lak pengen sms ke nomor ini 085645879099

EKOSUHARTONO.COM

Unknown mengatakan...

G klu pulkam ke cekel juga mampir mkn sate kenul mantap

Golek sing puenak meneh