Tahu Lontong Uleg Yu’ Rini

|



Di Desa Sengkut Kecamatan Berbek depan Pasar Berbek atau Balai Desa Sengkut terdapat makanan tahu lontong milik Yu Rini. Menu tahu lontong ini menjadi istimewa karena rasanya yang khas. Pengolahan bumbu dasar yang berupa biji kacang goreng dihaluskan alias diuleg dengan kecap asin encer dan kecap manis yang kental. Sebelumnya diberi garam merica dan ketumbar secukupnya. Tak lupa bumbu petis yang tak pernah ketinggalan. Bila kita ingin rasa yang pedas, Yu Rini bisa mengaturnya dengan menambahkan beberapa buah cabe rawit sesuai selera pelanggan. Uniknya, saat membuat bumbu dasar ini dilakukan langsung di atas piring yang nantinya akan dihidangkan kepada pelanggan.

Kemudian tahu goreng yang sudah ditiriskan lebih dulu dimasukkan ke piring. Tingkat kematangan tahu pun bisa bermacam-macam sesuai selera. Biasanya pelanggan lebih menyukai tahu yang digoreng setengah matang atau matang sekalian. Lalu lontong yang diiris dalam bentuk ukuran sedang diletakkan di atas tahu tadi. Sebenarnya ukuran asli lontong itu sendiri cukup besar sekitar 20 centimeter panjangnya dengan bentuk kerucut. Satu buah lontong diiris-iris untuk satu porsi tahu lontong. Terakhir potongan kubis, kecambah kecil dan irisan seledri disiramkan di atas lontong. Nah, kini tahu lontong Yu Rini siap untuk disantap.

Hmm, rasanya betul-betul nikmat. Rasa bumbu kacangnya sangat terasa. Apalagi tahunya masih hangat benar. Belum lagi lontongnya yang cukup membuat kenyang isi perut. Plus iringan musik kres, kres, kres dari gigitan sayuran kubis, kecambah dan seledri menambah nikmatnya. Hawa dingin yang menerpa tubuh jadi tak terasa karena rasa nikmat tahu lontong Yu Rini. Menu sederhana dengan cita rasa tradisional ini sangat terjangkau harganya. Hanya dengan dua ribu lima ratus pun Anda bisa membawanya pulang ke rumah sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Jadi, mencari tahu lontong uleg Yu Rini yang nikmat tak perlu jauh-jauh depan pasar Berbek.

1 komentar:

Mutiara Fitri Wahyuningrum mengatakan...

terima kasih informasinya.

Golek sing puenak meneh